Melanggar Aturan ? Nggak Malu sama Monyet ? Kok Bangga ? Part 1

*Artikel ini murni pendapat dan observasi pribadi. Bukan mendiskreditkan pihak – pihak tertentu. Terimakasih.

Selamat siang semuanya, semoga hari kalian indah – indah saja ya seindah pacar anda (kalo punya :p, kalo gapunya yaudah cukup nangis aja). Akhirnya artikel ini rilis setelah kurang lebih dua bulan saya berpikir, perlu ga sih saya nulis beginian (tapi akhirnya saya tulis aja, lumayan buat bantu2 menyadarkan pengendara), dan juga ngumpulin foto pengendara di jalanan Bandung. Ya sebagai mahasiswa, nulis harus ada dasar dong hehe :p

Hari ini saya akan mengutarakan opini yang agak keras sih bagi sebagian pembaca, jadi, kencangkan sabuk pengaman anda, dan nikmatilah !

Hampir semua pengendara, menurut saya, pasti pernah melanggar aturan lalu lintas baik itu nerobos lampu lalu lintas, ngambil jalur orang lain, atau duel sama kereta api (maksudnya, palang pintu kereta udh ditutup, tapi tetep aja berhentinya dimana), saya jg pernah sih gapake helm sama ga nyalain lampu hoho. Tapi ya namanya manusia ya, ada yg langsung nyesel (entah kena tilang atau ditabrak kereta), ada juga yg ya kumaha aing weh naon urusan sia (ya gimana aku aja, apa urusan situ). Dan tentu saja, saya akan bahas tipe yang kedua. Biasanya, tipe yg kedua ini yang…..ya….tolol mungkin ya kalo boleh kasar (ampun bapak jangan ciduk saya). Padahal, sudah tahu mereka salah, sudah sadar kalau dirinya melanggar, eh malah kalo ditegur lebih galak dari ibu guru…..eh ibu tiri hahaha (please don’t tangkap saya).

Saya punya pengalaman nih, kebetulan saya termasuk orang yg kalo iseng emang keterlaluan, pernah suatu hari di jalan PHH Mustofa (atau Mustopa, ga apal nama haha yg penting di Bandung) kebetulan lagi macet, saya iseng aja ambil jalur agak kanan, mepet ke garis nggak putus – putus (iya, emang pacar putus – putus). Nah jalan udah mulai macet nih, mulai lah monster jalanan ngambil hak saya, karena kebetulan saya lg iseng, jadi yaudah lempeng aja berkendara biasa, eh taunya ada yg nantangin, lalu terjadilah percakapan sekilas :

Saya : TOEEEEEETTTTT TOOOEEETTT (tahu klakson gede kan ? ya itu maksudnya)

Pengendara bedebah : *tetep lempeng merasa benar*

Saya : woey minggir gob***og (ngomong persis pas sebelahan)

Pengendara bedebah : NAON SIA ***** (too much hewan in one phrase)

Oke, saya langsung ketawa – ketawa aja, dalem hati sih mikir “tau gitu gaplok aja spionnya”

Pernah juga saya mukul spion angkot sampe patah, ya kasus yg sama, tiba2 nyalip, untung Tiger saya nggak terbang yg kaya di lembang itu 😦

Dibawah ini ada salah satu hasil saya berburu hoho, abis dari rumah temen, lampu lalu lintas merah semerah mawar merah, langsung jepret sana jepret sini, dan TARAAAA

img-20161005-01314
antrian batch 1 ke akherat

Tahu kan apa salahnya ? yaps betoooll. Lihat posisi dimana mereka berhenti, dan posisi dimana saya ngefoto ini para manusia arogan. Lihat kan kalo mereka, bukannya tertib, malah bikin macet jalan orang lain ? Lihat kan kalo mereka, pinginnya pulang cepet ketemu keluarga, malah nyusahin diri mereka sendiri dgn nutup jalur ?

img-20161027-01364
“pa, kita dipanggil siapa sih buru2 banget?” “itu nak, dipanggil Tuhan”

Dari satu foto itu saja, kita harusnya udah bisa mikir “lah kok bego sih”, “gatau malu tuh orang”. Tapi tahu ga kenapa mereka kaya gitu ? Karena menurut saya, mereka udah terlalu acuh buat taat aturan. Pikiran mereka pasti “ah mumpung ga ada polisi”, iya ga ada polisi, kalo mampus kecelakaan, sape yg ngurus ? Polisi lah.Mangkanya, kalo acara polisi2an di tv itu lagi nayangin yg kena tilang, terus dengan banganya dia “iya saya tau saya melanggar”, saya bakal ngakak dengan ketololannya. Ya sekarang gini, udah tau salah, kok bangga ? haha

Menurut Kepala Korlantas Irjen Pol. Condro Kirono, kecelakaan sepeda motor yang terjadi di tahun 2015 saja sudah mencapai 26.000 orang, mendekati 27.000 (http://www.solopos.com/2016/04/10/angka-kecelakaan-sepanjang-2015-27-000-orang-meninggal-di-jalan-708925). See ? sepeda motor aja, yg meninggal udah segitu banyak (menurut saya lebih banyak dari jumlah korban bencana 1 tahun)

Kenapa sih sepeda motor bisa banyak banget ? Menurut Kakorlantas (Ijin pak saya unduh presentasi bapak dari gugel hehe) ada beberapa alasan yang melatarbelakangi, yaitu :untitled-3

  • Buruknya kondisi angkutan umum -> sepeda motor adalah pilihan moda transportasi yang efektif dan efisien
  • Sepeda motor cocok untuk mobilitas secara cepat
  • Mekanisme jual – beli sepeda motor sangat mudah
  • Regulasi tentang sepeda motor sangat loggar -> tidak ada pembatasan produksi dan penjualan

Kenapa point nomor 3 saya tanda merah ? soalnya gini, harga sepeda motor udah kaya kacang goreng (terutama matic), udah MUUUURRAAAAAHHH banget, apalagi kadang ada “DP NEGO”, atau “BELI MOTOR DAPET MOTOR” atau “BELI HELM DAPET MOTOR” (oke yg kedua sama ketiga itu ngawur). Masyarakat pasti tergiur dong dengan promo – promo kaya gitu, tetangga saya aja punya 4 matic yang entah gatau dipake apa aja bisa sebanyak itu (bandar matic kali yak haha). Jadi, mindset orang akhirnya nanti akan menjadi konsumtif, keluar model baru harus beli, keluar warna baru harus beli. “Bisa pake ga? ah masa bodo yg penting beli dulu” begitulah kira – kira mindset masyarakat kita sekarang.

 

Fuah, capek ? haha sama, kita lanjutin minggu depan (semoga bisa) aja yak biar ga puyeng :p

Tulisan selanjutnya saya akan (berusaha) bahas mengenai pihak mana aja yang harus tanggungjawab, harusnya gimana biar setidaknya mengurangi para pelanggar aturan lalu lintas.

Tunggu yak jangan kemana-mana !

Salam Motoriskampus !

TigerMerah

 

Leave a comment