Ojek Online ? Ojek Pangkalan ? Lalu Bedanya Apa ???

atur-ojek-online-dpr-akan-bahas-bersama-pemerint_03-07-17-19-36
3 angkutan online yg saat ini sedang ramai digunakan oleh masyarakat Indonesia, http://kabar3.com/detail/1948/cari-konsep-dpr-dan-pemerintah-bahas-undang-undang-ojek-online

Halooo berkabar lagi kita guys, setelah kemaren saya wisudaan dulu di Sabuga hehe (kalo kalian add friend fb saya pasti tau deh :p), kali ini saya akan bahas mengenai fenomena yg benar – benar booming di Indonesia yaitu Ojek Online Vs Ojek Pangkalan.

Indonesia, tengah digandrungi apa itu yg disebut “Ojek Online” atau “angkutan berbasis online”. Kalo gasalah sih seinget saya, yg awal muncul itu GOJEK di tahun 2015 sebagai pionir “Angkutan Berbasis Online” di Indonesia, disusul oleh Grab empat bulan kemudian (https://id.techinasia.com/kilas-balik-ojek-online-2015). Sekarang tahun 2017, berarti secara resmi sudah 2 tahun Ojek Online berkembang di Indonesia, dan berkembangnya pun tidak main – main. Menurut penuturan mamang ojek online yg saya tanya – tanyain pas lagi naik, di Jakarta sendiri menerima sedikitnya 100 orang pengendara roda 2 sebagai “Mitra” nya.

BAYANGIN COY, SEHARI ADA 100 MAMANG OJEK ONLINE BERTELOR DI KANTORNYA WAKWAKWAKWAA.

Itu cuma si mamang dari salah satu layanan ojek online loh, yg lain ? wah saya gatau bos ga berani kasih komentar valid haha nanti diprotes :D, tapi, bisa kita ambil contoh, bayangin kalau tiga layanan ojek online tersebut menerima dan….apa ya…meluluskan kali ya, 100 orang perhari nya, bayangkan ada 300 mamang ojek online SETIAP HARI di jalanan Jakarta, BAYANGKAN GUYS BAYANGKAN….udah cukup tar mabok lagi bayanginnya.

Hah capek ngetik, next we move to the second topic, Ojek Pangkalan.

Ojek Pangkalan adalah salah satu taransportasi andalan kita yg bener – bener bisa dibutuhkan. Telah ada dari sejak sebelum saya lahir kayaknya (saya lahir 1994, mmm anggep aja dari tahun 1993 deh), anggep aja ya dari tahun segitu, tar kalo ada yg punya data valid komen aja haha.

ojek-pangkalan-di-bandung-merasa-kalah-bersaing-dengan-gojek-hx5
mamang ojek pangkalan menunggu mangsa, eh penumpang haha. https://daerah.sindonews.com/read/1056288/21/ojek-pangkalan-di-bandung-merasa-kalah-bersaing-dengan-gojek-1445851622

Udah ga terhitung lagi jasa ojek pangkalan terhadap kehidupan kita semua, mungkin ada yg dulu ketemu jodohnya di pangkalan ojek, atau justru jodohnya sendiri adalah si mamang ojek tersebut yang sekarang jadi juragan ojek, eh saya gatau sih, dulu om sama tante kirim – kirim suratnya pake ojek pangkalan atau nggak ya? hahaha.

Kembali ke era milenial, sekitaran 2015 mereka udah mulai – mulai “agak terpinggirkan”, tergerus arus persaingan dengan mamang – mamang ojek online ini. Satu persatu pelanggan ojek pangkalan mulai berpindah haluan kepada ojek online. Oke kita semua tidak bisa, sangat tidak bisa, untuk menghindari arus teknologi ini, mari kita sebut ini dengan “Revolusi Ojek” biar gampang bayanginnya.

ojek-online_20160224_164830
Pelarangan Ojek Online. http://bogor.tribunnews.com/2016/02/25/dilarang-ambil-penumpang-oleh-opang-ini-sikap-ojek-online

 

dilarang2bmasuk
Sama, dilarang juga. http://www.banyumurti.my.id/2015/09/7-kekurangan-dari-ojek-online.html

“Revolusi Ojek” yang terjadi, sayangnya tidak selalu membawa hasil yang positif dimana hakikatnya, “Revolusi” artinya adalah perubahan yang terjadi dengan amat sangat cepat sehingga banyak pihak tidak bisa beradaptasi dengan baik, dan sudah pasti akan menimbulkan kegaduhan dimana – mana, dan hal ini dialami oleh perusahaan sekaliber Gojek, Grab, dan Uber. Mengusung teknologi yang lebih modern belum tentu menjadi lebih baik, BUUUANYAAAKKKK sekali kasus dimana mamang ojek online dipukulin lah, diapain lah, diikutin lah, diusir lah, yang terjadi di lapangan. Saya ga akan copas berapa data insiden – insiden yg ada (you know Google right, mate?), yang jelas, cukup agak membahayakan sih buat mas atau mbak yang berkecimpung menjadi “Mitra” dari tiga perusahaan angkutan tersebut.

Sekarang, di tahun 2017 ini, juga masih banyak beberapa ojek pangkalan yang menolak akan adanya “Revolusi Ojek” ini, saya gatau alasan mereka apa, padahal jika mereka mau menerima dengan baik, lumayan loh buat nambah pundi – pundi uang jajan anaknya buat ke sekolah, atau buat bikin dapur yg kemarin ngebul pake asep kayu bakar, jadi ngebul pake kompor gas (ngebul dalam kiasan positif, aelah gausah bayangin aneh2 wkwk). Padahal, kalo kalian mau tau, ADA BEBERAPA PERSAMAAN DAN PERBEDAAN ANTARA OJEK ONLINE DAN PANGKALAN LOH. Yakin kalian mau tau ? ini saya akan tulis secara jujur atas apa yang mata saya lihat dan badan saya rasakan. Jadi, kalo ada yang protes mengenai ini, coba skill observasi anda ditingkatkan kembali. Berikut adalah poin – poinnya :

PERSAMAAN

  • Sama – sama mangkal ! (serius, ojek online juga mangkal loh buat nunggu penumpang, dan ini SAYA RASAKAN SENDIRI karena saya nyobain jadi “Mitra” di salah satu perusahaan HEHEHE, tapi ya belom dapet penumpang. EHEHHEEHEHEEHIKSHIKHIKS. Kenapa mangkal ? kalo yg saya rasakan sendiri, agak susah loh buat nyari penumpang, kamu harus nunggu ada yg order aplikasi, itupun kalo ga telat buat mencet dan keburu rejeki mu diembat sama mamang ojek online lain, jadi ya gitu, daripada jalan buang bensin, mending nongkrong kan, dan akhirnya malah bikin “Pangkalan Ojek Online”. Ironi.).
  • Sama – sama megang hape ! (kalian pernah nggak langganan ojek pangkalan, terus akhirnya ngomong “pak, saya minta nomer hapenya dong biar gampang kalo mau pesen” ? BOHONG KALO GAPERNAH ! Udah liat persamaannya ? BETUL, sama – sama pernah nerima order lewat hape ! Bedanya adalah, jaman dulu kita hanya butuh pulsa untuk nelfon ojek pangkalan, sementara sekarang butuh kuota buat order ojek online).
  • Sama – sama pake sepeda motor sebagai mata pencaharian utama, dimana sepeda motor sendiri tidak diakui sebagai “angkutan umum”.

PERBEDAAN

  • Satunya tidak pake kuota, satunya pake kuota.
  • Ojek Pangkalan kalo udah beres anter penumpang, dia bakal balik ke markasnya. Kalo Ojek Online, dia bakal nunggu orderan di…..entah lah suka sukanya dia.
  • Ojek Pangkalan kadang ogah – ogahan kalo narik penumpang dengan harga yg tidak sesuai, sementara Ojek Online mau gamau harus deal soalnya harganya sudah ada di aplikasi.

Jadi, kalian sudah tau kan, sedikit banyaknya perbedaan dan persamaan dari kedua kubu ini ? Banyak persamaan dan perbedaan yang bisa kita lihat, perbedaan yg membuat kita bisa memilah mau menggunakan yg mana, persamaan yg membuat kita berpikir kembali “kenapa sih ojek pangkalan begitu sengit nya melawan ojek online”. Tugas kita, sebagai konsumen, untuk saling menghormati kedua pihak tersebut dengan cara tidak menjelekkan satu sama lain. Setiap perubahan pasti akan membawa kebaikan dan keburukan kok, tapi jika itu baik untuk kita, dan memiliki manfaat jangaka panjang yg bagus, kenapa tidak coba pertahankan “Revolusi Ojek” tersebut ? πŸ™‚

ojek-pangkalan
Karikatur dari salah satu media online. http://poskotanews.com/2017/04/26/soal-ojek-pangkalan-berbasis-online-dprd-bekasi-panggil-pihak-terkait/

 

SOOOOOO THANKS GUYS udah mau capek – capek baca omelan saya disini, jangan lupa buat selalu follow update kita terus ya, dan like fp kita dong πŸ˜€

Salam Motoriskampus !

 

TigerMerah

Leave a comment