Tes Ride Yamaha Tricity (PREMIER) & Yamaha Aerox 155 (bag.1)

Selamat malam sobat Motoriskampus dimanapun kalian berada, jumpa lagi dengan MasBoy. Kali ini MasBoy akan bawakan artikel tes ride dua motor Yamaha, yakni Yamaha Tricity dan Aerox 155. Seperti yang sudah diketahui, Aerox sudah resmi dirilis pada awal tahun kemarin dan respon masyarakat cukup positif dengan motor ini, tidak lain karena sudah menganut VVA (Variable Valve Actuation) yang sama seperti NMax 155, soket charger yang bisa dipakai buat ngisi batre hape saat perjalanan dan yang paling penting, akhirnya Yamaha bikin motor yang ukurannya gambot, gak melulu mungil kayak Xeon generasi terdahulu. Sementara Tricity? Sudah ada kabar kalau mau resmi dijual di Indonesia, tapi kapan tanggalnya sih belum tahu. Oke, langsung cuss TKP di gelaran pameran Yamaha Motor Show di Carrefour Holis, Bandung. 😀

 

Yamaha Tricity 155

20170325_140523[1].jpg

Yupp, bisa cek di google, Yamaha Tricity itu kayak apa. Yapp, mirip kayak Piaggio MP3, sama-sama tiga roda, bedanya kalo pas lagi berhenti, Piaggio MP3 bisa didudukin tanpa harus nurunin kaki karena kedua roda depannya bisa dikunci, berasa naik Bajaj tapi dua rodanya di depan jadi gak bakal miring-miring. Sementara Tricity, saat berhenti kaki harus tetep turun karena motor bakal miring gara-gara roda depannya tidak bisa dikunci berdiri anteng seperti MP3. Biarpun MP3 bisa berdiri anteng roda depannya gak akan naik turun saat berhenti, MP3 tetep bisa cornering rebah. Oke, berhenti bahas MP3, lanjut Tricity. 😀

 

Impresi Yamaha Tricity

20170325_131512[1]   Motor ini punya rem tangan yang bentuknya kayak tuas choke motor karbu kebanyakan

sekilas motor ini gede banget, gambot rasa motor matic CC gede macem Burgmann 200 atau kakaknya, Yamaha XMax 250 (bentar lagi brojol katanya). Tapi, apa mesinnya ikutan gambot? TIDAK. Mesinnya 155 cc VVA, sama dengan mesin Yamaha Nmax. Oh ya, kedua roda depan masing-masing dilengkapi rem cakram ber ABS.

20170325_131433[1]

20170325_1315221.jpg

Buset, mundurin motor ini susah banget. Berat? iya, gambot? BANGET

Saat naik diatas motor ini, beratnya uda berasa naik Mega Skutik (karena Maxi Skutik Yamaha a.k.a NMax aja ga segede dan seberat ini), dimensinya juga besar. Dengan tinggi MasBoy sekitar 185 Cm an, kaki menapak sempurna. Ya sebenernya motor ini bisa dibilang lumayan tinggi, tapi yang bikin jinjit balet tiada lain karena joknya yang lebar banget jadinya kaki habis dipake buat ngangkangin jok hingga kaki bisa nyentuh tanah.

Bagaimana dengan boncenger? Ngangkangnya kaki mirip-mirip kayak naik NMax ataupun Burgmann, bikin pegel selangkangan. Eitss, biarpun gitu, jok belakangnya bisa dibilang luasss, jarak antara pengendara maupun dengan buntut jok belakang kira-kira 10 Cm kalo duduknya pas di tengah-tengah. Tapi, itu kalau pakai itungan b*okongnya MasBoy. Kalo mas GM2 Vlog, kayaknya ngepas deh antara depan sama belakang, maklum ukuran badannya sama-sama mega kayak skutik ini :mrgreen:

20170325_140352[1]

Nampaknya masih ada sisa ruang sih. Emang kelewat luas ini jok motor. 😮

Gimana impresi pada saat jalan? Karena memang ini motor ukuran mega, yang pasti bawanya gabisa asal sruntulan kayak bawa motor-motor kecil. Maklum, motor ini berasa panjang dan lebar.

20170325_140522[1]20170325_140450[1]20170325_140431[1]

Gimana rasanya meliuk-liuk naik motor ini? Sambil zig-zag lewatin corong yang sudah dipasang, naik motor ini bener-bener gak boleh sembarangan. Pasalnya, kesulitan dari motor ini ada dua: soal ukuran dan adaptasi manuver roda depannya yang tidak biasa (kecuali yang udah biasa bawa MP3). Mengapa? Selain karena berat dan dimensinya yang besar, mengendalikan kedua roda depannya butuh adaptasi dan dan keahlian berkendara yang mumpuni.

Meliuk dengan memiringkan roda ke satu sisi sementara sisi lainnya mengangkat roda yang terangkat karena berlawanan sisi dengan roda lainnya, bukan perkara mudah. Begitu berganti haluan, roda depan berasa berat, beda dengan motor dua roda umumnya, berat hanya bertumpu pada bobot pengendara dan motor secara keseluruhan. Kalau Tricity ini? Semuanya… Plus bobot roda… Bukan karena rodanya yang berat, tapi momentumnya yang bikin berat, sesuai hukum fisika Newton 1 yakni soal kelembaman. Waktu MasBoy meliuk naik Tricity ini plus bonceng om GM2 Vlog, mudah saja melewati corong-corong itu (dengan susah payah). Apa artinya motor ini nyaman dipakai di tengah kemacetan? Harus dicoba dulu. Karena kebetulan jarak antar corongnya bisa dibilang renggang, beda dengan jarak antar kendaraan saat di kemacetan.

 

Performa

20170325_141145[1].jpg   Nyesel saya liat ini. Ternyata yang basah-basahan itu cewek JADI-JADIAN :mrgreen:

Oke, bejek gassss.Lumayan heran sih, ini motor padahal gambot banget untuk ukuran sekelasnya. Tapi bermodalkan mesin NMax 155 VVA, kok rasanya tetep kejabanin ya power to ratio nya. Tenaganya tetep ngisi dari nol sampai 30 Km/h an. Gabisa geber lebih kenceng lagi karena arena yang sempit. tapi cukup buat harian. Dipake bonceng mas GM2 Vlog, tenaga masih ngisi, gak ngempos padahal kombinasi berat kita berdua sekitar 145 Kg an. Tapi, tenaganya tetep enak, gak abis nafas.

Gimana dengan performa pengereman? Biarpun uda ABS, tapi perasaan roda kekuncinya itu masih ada. Meskipun begitu, rasanya gak nyaman banget kalo rem mendadak, berasa ada gerigi di rem nya, yang menandakan ABS nya bekerja. Tapi bisa dibilang kasar ABS nya, makanya berasa gerigi.

Kesimpulan

20170325_131028[1].jpg Inilah mas GM2 Vlog. PAS COCOK. Motor mega skutik dengan pengendara yang juga MEGA UKURANNYA

Belum ada kesimpulan pasti dari motor ini, yang pasti tongkrongannya mewah, build quality masih ada beberapa bagian yang kurang rapi pengerjaannya, berat? So pasti. Tapi yang unik dari motor ini adalah: rem tangannya kayak tuas choke motor karbu kebanyakan dan pijakan boncengernya nyumput banget, rada nyebelin kalo lagi buru-buru karena posisinya ngumpet dibawah fairing tengah.Spidometer lebih variatif, gak kayak NMax yang cuma bulet doang. Sayang: belum ada saklar hazard. Kalo ada pasti lebih kece lagi, berasa moge skutik.

Gitu dulu aja sih. Nantikan ulasan berikutnya yakni test ride Yamaha Aerox 155. Pantengin terus Motoriskampus. Salam. 😀

Kenalilah Petualanganmu.

MasBoy

Leave a comment