Melanggar Aturan ? Nggak Malu Sama Monyet ? Kok Bangga ? Part 2

jadi malam ini saya mimpi kalo lagi ketemu cewek terus……

 

 

JEBUURRRR *insert suara air here* SEEELLL BANGUNNN KULIAAAHH !!!

 

WAAAAIIITTTT SALAH SALAH SALAH

 

Halo semuanya, maaf ngaret (always ngaret) buat posting part 2 hehe. Part 1 bisa dicek di post sebelumnya, jangan males buat search 😉

Jadi, sebelumnya saya membahas contoh kecil kebodohan kita, pengguna roda dua (kalo yg tertib ya alhamdulillah), sekarang kita bahas mengenai pihak mana aja yang harus tanggungjawab, dan harusnya gimana dalam menyikapinya.

Okeee, fasten your seatbelt guuuysss !!

Ada dua pihak yang seharusnya bisa menjaga ketertiban di jalanan. Satu, Polisi sebagai instansi formal. Dua, masyarakat pengguna jalan itu sendiri baik roda empat, roda dua, roda tiga, dan roda roda lainnya. Bahas dari Polisi dulu aja yak……

POLISI

polantas-cantik-aduhai-5607796dde22bd740556df4d
duh mbak kok cakep sih

“PRIIITTT PRRRIIIIITTTT, bisa lihat surat – suratnya ?” Adalah salah satu frasa yg paling sering kita denger di televisi, atau di kehidupan nyata. Terlebih setelah adanya acara salah satu stasiun televisi yang menceritakan tentang kehidupan Polisi baik itu Polantas, Reskrim, Polair, dan kawan – kawan. Jelas, kita fokus ke Polantas, yekali bahas Polair, kecuali anda pake speedboat terus gapake helm dan melanggar lampu merah, terus polisi nya dateng pake baju selam. Oke ini garing gapapa.

transjakarta
ampun pak ampun

Pernah liat nggak yg kaya gini ? Atau anda malah salah satu pelanggar tetap ? Hahaha. Seharusnya sih, dengan tulisan dan aturan yg buuuuaaanyyaaaakkkk banget, dan nominal tilang yang nggak murah (cukup buat beli pertamax full), harusnya masyarakat bisa paham lah ya buat nggak melanggar, ada gitu terbersit rasa “wah kalo kena tilang, abis duit, gabisa pacaran” tapi kok…..kayanya kalo ga melanggar itu kurang afdol gitu, kaya kalo malem mingguan tapi jomblo gitu, nyesek….. 😦 oke balik ke topik.

Pernah mikir nggak sih “udah bikin aturan saklek, kok msh banyak yg melanggar?” bisa saya simpulkan salah satu jawabannya, i’m sorry if my words hurt you, but this is the fact, banyak oknum Polisi yang justru malah memanfaatkan hal ini, dengan cara “sidang titipan” atau apapun lah namanya. Inget ga saya pernah nulis tentang sidang tilang ? https://motoriskampus.wordpress.com/2016/03/19/sidang-tilang-sidang-bullshit/ bisa dibaca disitu pengalaman saya gimana kena tilang. (Mangkanya saya kalo liat acara di televisi swasta itu, kalo lagi bagian tilang – menilang suka ngakak gegara dua hal, yg satu adalah pengendaranya begok, yang kedua adalah polisi nya karena disorot kamera doang jadi alim….inget jangan baperan)

Dosa pak polisi apalagi ya hmmmm……. OH IYA !! ini pendapat subjektif loh ya pendapat saya sendiri. Menurut saya, SEHARUSNYA, gausah lah pak polisi kasih surat tilang, daripada buang kertas kan mubadzir ya, mending yg kena tilang itu, ditempeleng aja hehee…….Kejem amat yak. Tapi ya mau gimana, dalam penerapan hukum kita harus tangan besi coy, gabisa senyam senyum sama pelanggar jalanan. Bisa aja loh mereka yg melanggar kita yg kena celaka, contoh, lampu sen kanan tapi belok kiri, iya kalo kita siap, kalo nggak, bisa mampus kita kesenggol. Jadi bisa saya simpulkan kalo pengendara yg melanggar aturan lalu lintas itu, ibarat pembunuh yang intent to kill nya ga keliatan, bisa datang setiap saat.

wpid-pelanggaran-lalu-lintas-berjamaah-melanggar-jalur-busway-lawan-arus-jalur-busway-jakarta-kalideres-daan-mogot-jpg
kalo saya jadi supir transjakarta, saya giles satu satu, bodo amat dipenjara juga

Saran saya untuk Polisi yang khususnya mengatur lalu lintas, baik itu mengatur di lapangan atau mengatur secara undang – undangnya, cobalah bikin sanksi yang beneran bisa bikin orang jera, bener – bener jera. Mungkin ide saya tadi bisa dipake hehe. Polisi jangan takut buat dibilang galak atau apapun, Polisi jangan takut buat dibilang nggak sayang sama masyarakat. Justru dengan kasih hukuman yang keras itu masyarakat bisa tertib, terlebih di jalanan. Jangan mau kalah kalo adu bacot sama pelanggar yg otaknya sengklek, BIKIN SIM DIPERSULIT DONG PLIS, JUJUR ITU GAMPANG BANGET DI POLRESTABES CUMA NAIK MOTOR / MOBIL SAMA TES AVIS SAMA TES KESEHATAN (sejujurnya saya mau nulis praktek kampret di tempat pembuatan SIM, cuma nanti takut ada yg ngamok, dibredel saya tar)…..Tapi inget Polisi, inget, jangan gunakan kekuasaan kalian juga buat bikin pengendara yg udah enak – enak taat aturan, malah dikasih sanksi nggak jelas okay 😉

Yosh, kita bahas yg kedua yuk yaitu pengendara….

PENGENDARA

 

ngobrol
nah kan keren ya pake perlengkapan lengkap

Sebenernya, banyak loh pengendara yg tertib, yg mau berhenti di RHK, yg mau berhenti sebelum zebra cross, yg mau tidak merebut hak pejalan kaki di trotoar. Banyak banget. Cuma sayangnya mereka kalah sama si TOLOL, si pelanggar aturan lalu lintas yg kalo kita tegur malah lebih galak, dan nggak jarang malah ngeluarin senjata api (banyak kok beritanya, cek aja satu – satu).

tanpa-helm-sni
kita, pengguna jalan taat aturan, selalu kalah jumlah sama begundal kaya gini

Pengguna jalan mempunyai peran yg sangat besar, sangat besar, untuk menjaga ketertiban di jalan. Mengapa? karena merekalah yg menggunakan fasilitas umum tersebut, mereka jugalah yg seharusnya ikut menjaga, bukannya malah memperburuk keadaan dengan cara melanggar aturan lalu lintas.

untitled-11

Menurut presentasi dari Kakorlantas, beberapa poin diatas adalah perilaku menyimpang yang dilakukan oleh pengguna sepeda motor. Bisa kita lihat, sepeda motor adalah penyumbang terbesar kecelakaan lalu lintas sebanyak 64% dan tiap bulan setidaknya terdapat 7 ribu kecelakaan (itung sendiri, 7000 kecelakaan dibagi 30 hari, kelar idup lo). Banyak banget kan ? Mangkanya kalo dikasih aturan itu nurut, jangan sok berlaga jadi penguasa jalanan kalo ditilang aja masih nangis uring – uringan, kalo kecelakaan masih ditolong pak polisi.

Kalo diliat liat, kayanya kita semua pasti sering melihat pengendara tolol yg melakukan salah satu penyimpangan diatas, ya nggak sih ? Kalo saya sih tiap hari (pernah nulis juga deh di post sebelumnya tentang lawan arus) kayanya nemu yg poin 1, 2, 3, dan 5. Kalau poin 4 saya jarang liat, kalo poin 6 saya nggak ngerti itu maksudnya aturan kaya mobil bak terbuka apa gimana hehe :p.

arus2
CUUU CUUU MADAFAKAAA KALO DITEGUR MALAH NGAMOOK

Dengan adanya kalkulasi 7 ribu kecelakaan setiap bulan (setidaknya), kalian, wahai pelanggar TOLOL, nggak mikir gitu buat, seenggaknya, pake helm lah meskipun cuma “deket doang” ? Atau mikir gitu buat berhenti sebelum zebra cross ?  Atau mikir gitu buat pasang spion yang bener ? Saya ada pengalaman, baru kemaren banget. Jadi ceritanya babeh ngajak ke Lembang, liburan lah gitu bosen dirumah hohoho. Pas lagi di jembatan layang Pasupati, ada sepeda motor ambil jalur kanan, lempeng aja kaya orang bego. Akhirnya babeh klakson kan “tiiiin tiiinn”, orang itu noleh dan minggir. Tamat.

Krik

Krik

Krik

 

Garing yak ? Lah emang situ ngarep cerita bahagia, kaga coy. Inti dari cerita diatas adalah, sepeda motor kan DICIPTAKAN DENGAN ADA 2 SPION KANAN DAN KIRI, KOK KALIAN LEPAS GITU LOH ?

1339

Ga habis pikir deh, ngapain capek – capek noleh bikin pegel leher buat liat siapa yg dibelakang, kan bisa pake spion gitu loh hadoh hadoh, TOLOL nya tuh agak dikurangin gitu loh dek dek. Cerita lain, kadang kalo anter adek sekolah (pake helm dong emang lu kaga) sering liat bocah sekolah, sebenernya dia bawa helm, DICANTOL DI JOK BELAKANG ATAU DI STANG, kok goblok gitu ya. Ada juga contoh lain, biasanya mbak mbak mau malem minggu nih, helm nya dicantol di dengkul (rambutnya kinclong cuy abis pake formalin, terus kibas kibas ekor kuda).Kan ga lucu ya kalo jatoh terus “gegar dengkul” terus nanti pak dokter kasih diagnosis “wah ini dengkul nya dislokasi, otaknya sengklek” -_- oke saya ngakak bayanginnya sampe diliatin orang.

Saran saya sih ya buat kita, para pengguna jalan yang terhormat. Coba, mikir dulu kalo mau melanggar aturan lalu lintas, pikir apa efeknya, pikir “duh kalo aku melanggar, pengendara atau pengguna jalan lain gimana”. Ayo dong berpikir, kalo punya otak. Masa udah punya SIM (17+) masih gabisa berpikir benar dan salah ? Masa udah punya sepeda motor bagus, masih nggak malu melanggar aturan ? Ayo dong MALU ! Saya kasih tau nih, anjing saya, si makhluk 4 kaki, diajarin kencing di kamar mandi bisa loh nurut. Masa kalian, MANUSIA BERAKAL BUDI, gabisa buat nurut pake helm, nurut lampu lalu lintas ? Sebegitu DONGO’ kah anda ? Saya yakin, pasti otak anda berfungsi kok, cuma anda saja yg terlalu bodoh buat mau nurutin aturan lalu lintas yg udah capek – capek dibuat sama pak polisi.

FYUUUUHHH capek, meres otak hahaa. Oke deh semoga tulisan 2 part ini bisa membuat kita, pengendara terhormat, dan mereka, bapak polisi terhormat, sanggup untuk saling bekerjasama dalam menciptakan ketertiban di jalanan. Karena, nasib siapa yg tau, bisa saja kita mengalami kerugian padahal itu bukan salah kita.

 

Kecelakaan itu bukan karena takdir, tapi karena kita, pengendara, memutuskan untuk melanggar aturan yang akhirnya malah merugikan kita semua.

 

Salam Motoriskampus !

 

TigerMerah

Leave a comment